Hiburan

Seni Musik Dalam Islam

Seni Musik Dalam Islam

Heather Morris – Perbincangan tentang hubungan Islam dan musik sudah lama beredar, yang cukup kontroversial di masyarakat. Muhammad Saltut, mantan rektor Universitas Al-Azhar, mengatakan musik adalah ‘salah satu’ kesenangan naluriah hidup, seperti merasakan pakaian yang lembut, rasa makanan yang enak atau aroma manis.

Di sisi lain, ada jenis musik yang diharamkan menurut pandangan Islam, seperti musik yang mengalihkan manusia dari jalan Allah SWT. Menurut pandangan ini, musik yang menyebabkan pemain atau pendengar menjadi lalai dan malas dilarang, sejauh itu mengarah pada “melupakan Tuhan” atau “tenggelam” dalam keduniawian (Murthy 2010). Namun, kehadiran musik di masyarakat muslim terus berkembang cukup pesat. Sangat diminati oleh kaum muda muslim, ditandai dengan munculnya berbagai kelompok musik Islami, seperti Bimbo dan Kyai Kanjeng, serta adanya aliran musik Islami seperti qasidah, nasyd, alawah dan dangdut (Notosudirdjo 2003).

Anne K Rasmussen, seorang etnomusikolog, mengatakan seni Islam dan musik Islami dibahas dalam banyak konteks, bahkan di antara otoritas agama yang paling konservatif. Dengan demikian, meskipun ada ketegangan dalam wacana musik dalam Islam, yang lebih condong ke arah yang terlarang, musik tidak dilarang untuk tergelincir dan memang memiliki tempat yang diakui dalam Islam Indonesia (Van Zanten 2011). Musik sudah menjadi identitas, khususnya bagi anak muda muslim Indonesia, terutama di bulan suci Ramadhan.

Selama Ramadhan mereka memakai baju islami sambil memainkan musik islami, namun sejak awal tahun 2010 sudah ada perubahan. Sebagian musisi “hijrah” secara spiritual ke dunia dakwah Islam, meninggalkan kiprah musik, bahkan mengaku memainkan musik yang dilarang (dilarang).

Banyak anak muda Muslim menggunakan musik sebagai bentuk “budaya tandingan” dan ekspresi “pelatihan tandingan”. Misalnya, Jacobsen menulis tentang seorang pemuda Muslim Norwegia yang merasa identitas Muslimnya telah “dipinggirkan dalam produksi budaya arus utama”. Hal ini membawanya ke musik, yang menurutnya “mengartikulasikan dan menyuarakan pengalaman hidup bersama” (Jacobsen dan Vestel 2018) Di sisi lain, Katy Khan menemukan bahwa musik telah menjadi sarana kritik ekspresi di kalangan muda Muslim kulit hitam. kebijakan pemerintah AS dan, di samping itu, penyanyi Muslim kulit hitam ‘populer di Amerika’ telah melahirkan budaya tandingan, berusaha memberikan ‘pandangan alternatif’ tentang identitas Muslim” (Khan 2007).

Ulama Umar, dari Pemuda Hijrah, membenarkan larangan musik dengan alasan penyucian jiwa. Orang yang berhijrah, menurut Umar, harus tetap fokus kepada Allah semata dan tidak terganggu oleh hal-hal lain. Musik memiliki daya tarik yang dapat mengalihkan perhatian orang, oleh karena itu dianggap kebalikan dari kekhidmatan proses Hijrah. Banyak situs web yang mendukung pelarangan musik bagi umat Islam.

Jamaluddin Muhammad mengemukakan dua alasan legalitas musik. Pertama, musik tidak secara eksplisit dilarang oleh Al-Qur’an dan Hadits, dan karena musik adalah bidang mu’amalah (masalah sosial). Kedua, mengacu pada prinsip isi-bentuk al-Ghazali bahwa mendengarkan musik atau nyanyian tidak berbeda dengan mendengarkan kata-kata atau suara yang berasal dari makhluk hidup atau tidak hidup. Setiap lagu menyampaikan pesan. “Jika pesannya baik dan mengandung nilai-nilai agama, maka tidak jauh berbeda dengan mendengarkan khotbah atau ceramah agama dan sebaliknya” (Mohammad 2009).

Sumber:

Download lagu

Menebak Kepribadian dari Jenis Musik yang Kamu Sukai

Menebak Kepribadian dari Jenis Musik yang Kamu Sukai

Heather Morris – Ternyata, tidak bisa dipungkiri bahwa musik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Saya baru saja bangun, hal pertama yang Anda kontrol di gadget adalah fungsi musik. Selama perjalanan ke kantor, Anda juga mendengarkan lagu favorit Anda sampai Anda hafal liriknya. Sampai Anda ingin tidur lagi, musik tidak akan jauh dari Anda.

 

Jadi, jika selera musik Anda dapat memprediksi kepribadian Anda, Anda termasuk orang yang seperti apa? Daripada berlama-lama, yuk intip kepribadian musik kamu yang sudah mp3 juice rangkum. Hei, bukan, ada apa dengan bendera itu?

 

  1. Pop dengan nada yang membangkitkan semangat. Anda adalah seseorang yang selalu membuat lingkungan lebih lancar dan menyenangkan.

Kebanyakan orang menyukai kemudahan mendengarkan musik pop. Liriknya mudah diingat, bikin tambah keren tiap nyanyi. Dengan alunan musik yang membangkitkan semangat, Anda juga memiliki karakter yang baik dan pandai melembutkan suasana. Leluconnya yang selalu memancing gelak tawa membuat orang-orang di sekitarnya senang membawanya kemana-mana.

 

  1. Sering membuat hati menjadi dingin dengan denting gitar dan piano akustik. Anda adalah seseorang yang mudah bersimpati dengan sesuatu. Ya, benar

Lagu-lagu akustik memiliki kekuatan tersendiri untuk menyenangkan pendengarnya. Denting piano dan petikan gitar selalu membuat Anda mengikuti aliran musik. Ini membuatnya lebih mudah untuk berempati dengan sesuatu yang terkadang melekat pada Anda. Jangan khawatir, ini bukan hanya tentang baper. hehe.

 

  1. Pencinta musik klasik dan instrumental, ia memiliki karakter yang tenang. Jika ada masalah, dia bisa menyelesaikannya dengan tenang.

Satu-satunya hal tentang musik klasik adalah bahwa tidak ada instrumen. Selama lagu Anda dapat mendengar suara biola atau piano klasik. Itu membuat Anda kehilangan konsentrasi, sehingga Anda bisa berkonsentrasi lagi, bukan? Juga dengan Anda. Dia memiliki watak pemecahan masalah yang tenang, sehingga dia bersemangat karena dia sering mendengarkan musik dari musisi klasik ini di stafaband.

 

  1. Suka dangdut, lengkap dengan suara gendangnya yang unik, artinya kamu suka sesuatu tidak peduli apa kata orang. Menunda

Dangdut adalah salah satu ciri khas musik Indonesia yang menyenangkan. Jika Anda mendengarnya, defaultnya adalah mengocoknya saja. Hmmm, kalau kamu suka lagu dangdut, kamu punya hal yang jarang dimiliki orang lain. Ini lambat dan tidak peduli apa yang orang lain katakan. Tenang, yang penting bisa goyang dan ketawa sebentar~

 

  1. Suara jazz terngiang di telinga Anda, memberi Anda sikap yang keren dan menyenangkan. Harus dicintai di mana-mana

Menggelengkan kepala, menggerakkan kaki, dan bernyanyi bersama adalah refleks otomatis saat mendengarkan musik jazz. Sangat keren, bukan? Anda juga mendapatkan pengaruh yang baik mendengarkan genre musik ini. sikapnya yang keren dan menyenangkan membuat Anda bersenang-senang di mana-mana! Itu pasti banyak teman, kan?

 

  1. Memiliki cara sendiri dalam mengambil keputusan sering ditemukan di kalangan penggemar Reggae. Kebanyakan tidak suka dikendalikan.

Musik patah yang keluar dari drum, gitar dan bass membuat Reggae lebih unik. Belum lagi suara penyanyi dengan teknik menyanyi yang tidak biasa, tangan dan kakinya tidak tahan untuk diayunkan. Nah, penggemar musik reggae juga selalu punya cara sendiri dalam mengambil keputusan. Anda juga termasuk orang yang tidak suka diatur. Yah aku suka kepribadian ini!

 

  1. Tidak hanya kuping, pecinta rock dan metal juga memiliki keuletan yang tak tergoyahkan.

Bunyi dan dentuman drum yang keras membuat rock dan metal kurang dihargai oleh kebanyakan orang. Tidak menyukainya bukan berarti tidak baik, lho. Mereka yang menyukai musik keras ini juga memiliki kepribadian yang layak menjadi panutan. Bertekun dan tidak pernah menyerah pada apa yang Anda cita-citakan untuk waktu yang lama. Tidak hanya telinga yang gigih, tetapi juga ~